Yuk Mengenal Jenis Kain Untuk Membuat Boneka

Yuk Mengenal Jenis Kain Untuk Membuat BonekaHalo teman,apa kabar hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan satu hal apapun ya, aamiin. Oiya, hingga sekarang ini sudah bertambah berapa banyak nih koleksi bonekanya? Berapapun jumlahnya yang penting tetap dirawat dan dijaga kebersihannya ya.

Coba perhatikan boneka-boneka koleksi tersebut, adakah yang membedakannya selain dari bentuk karakternya? Yess tampilan luar atau bahan kain yang digunakan dari masing-masing boneka. Misalnya saja boneka Doraemon berbeda tampilan bahannya dengan boneka Teddy bear.

Hal tersebut karena penggunaan bahan kain untuk membuat boneka itu berbeda-beda, tergantung dari karakter dan segi estetika dari boneka itu sendiri. Lalu, apa saja jenis-jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat boneka? Yuk kita simak...

Jenis-Jenis Kain Untuk Membuat Boneka

Boneka merupakan salah satu barang yang dikoleksi oleh kaum perempuan dari anak-anak hingga dewasa karena mempunyai kesan yang lucu dan menggemaskan, terdiri dari banyak karakter yang bisa disesuaikan dengan karakter favorit masing-masing.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan material bahan kain yang berbeda-beda di setiap jenis boneka. Jika kamu penasaran, berikut jenis-jenis bahan kain untuk membuat boneka yaitu :

1. Kain Rasfur

Kain rasfur ini adalah jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat boneka yang karakternya mempunyai bulu yang lebat dan cukup panjang. Selain itu kain jenis ini bertekstur halus seperti halnya pada handuk. Untuk harganya tergantung dari panjang bulu-bulunya, semakain panjang bulunya maka akan semakin mahal pula harga kainnya.

Bahan kain boneka jenis rasfur ini biasanya ditemukan pada boneka seperti boneka Teddy bear atau beruang, Keroppi dan lainnya. Kerapatan bulu-bulu dan kekuatannya juga mempengaruhi harga yang dibandrol dari jenis kain ini.

2. Kain Flannel atau felt

Mungkin kamu sudah familiar dengan jenis kain yang satu ini karena kain jenis flanel ini sering digunakan untuk membuat aneka kerajinan tangan. Kain flanel ini sudah ada sejak 6500 SM lho, dan yang paling tua berada di Turki.

Bahan kain flanel ini terbuat dari serat wol yang halus dan dipanaskan serta diuapkan tanpa di tenun. Selain itu kain flanel juga mempunyai ketebalan dan tekstur yang beragam dengan harga yang relatif terjangkau. Kelebihannya adalah kain jenis ini mudah untuk dibentuk dan dilipat untuk dibuat menjadi boneka seperti yang diharapkan.

3. Kain Velboa

Jika dilihat dari ketersediaan varian warna, kain jenis velboa ini mempunyai persediaan stok warna yang sangat lengkap, dari warna yang paling gelap hingga warna yang paling terang. Kain jenis ini hampir mirip dengan kain jenis rasfur, akan tetapi bulu-bulunya lebih pendek dan harganya lebih murah dari jenis rasfur.

Dipasaran terdapat banyak sekali karakter dan jenis boneka yang menggunakan kain jenis velboa ini yang pastinya sangat sayang untuk tidak dikoleksi karena secara harga juga terbilang masih terjangkau. Untuk boneka karakter Hellokitty ada yang dibuat dengan menggunakan bahan kain velboa, ada juga dengan bahan rasfur.

4. Kain Yelvo

Boneka yang menggunakan bahan dengan kain jenis yelvo ini tergolong boneka premium karena memang bahan kainnya mesti di impor terlebih dahulu dari luar negeri. Meskipun mirip-mirip dengan kain jenis velboa namun kain dengan jenis ini mempunyai mempunyai bulu yang lebih pendek, lembut dan sangat halus.

Selain itu kain yelvo juga lebih terasa licin dan mudah melar meskipun nantinya pada saat sudah menjadi sebuah boneka, rasa halus dan licinnya berkurang.

Oiya, untuk menjahit kain jenis yelvo ini agak sulit ya sehingga tidak semua penjahit boneka bisa membuat boneka dengan kain jenis ini.

5. Kain Nylex

Biasanya boneka dengan tampilan yang mirip manusia seperi ipin upin, mickey mouse dan minnie mouse gitu terbuat dari bahan kain dengan jenis nylex. Bahan kain jenis ini tergolong murah dan tersedia banyak ragam warna. Kain nylex ini banyak sekali digunakan untuk mebuat boneka yang bisa ditemukan dipasaran. Karakteristik kain nylex adalah terasa sedikit kasar, tipis dan bulunya yang sedikit. Silahkan baca juga tips memilih boneka yang berkualitas.

Nah teman, coba deh sekarang periksa kembali boneka-boneka koleksi kamu dan sekarang kamu sudah mengetahui boneka tersebut terbuat dari jenis kain apa kan?

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar