Asal-Usul Boneka Karakter Beruang Teddy Bear



Asal-Usul Boneka Karakter Beruang Teddy Bear yang mungkin belum kamu ketahui. Sebagai Penggemar karakter Teddy Bear sebaiknya kamu mengetahui asal-usul atau sejarah bagaimana karakter Teddy Bear ini bisa terkenal di seluruh penjuru dunia.

Beruang Teddy Bear


Sekarang ini karakter Teddy Bear tidak hanya dapat ditemukan dalam bentuk boneka saja, namun lebih dari itu. Ada yang berupa gambar pada kaos, topi beruang, kotak makanan yang didesain seperti beruang, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Pernak-pernik dan perlengkapan rumah tangga banyak yang bermotif Teddy Bear. Jadi tidak mengherankan jika seorang penggemar Teddy Bear menyulap rumah atau kamarnya dengan tema serba Teddy Bear. Kamu juga demikian?

Karakter Teddy Bear memang terlihat sangat lucu dan menggemaskan dengan bentuk tubuhnya yang gemuk dengan tangan serta kaki yang panjang.

Dengan bentuk seperti tersebut, pastinya akan dapat memberikan rasa nyaman ketika memeluk boneka karakter Teddy Bear ini. Oiya, sudah tahukah kamu bagaimana asal-usul atau sejarah dari karakter Teddy Bear ini? Kalau belum, hyuk kita simak bersama-sama artikel ini hingga selesai.

Sejarah Boneka Beruang Teddy Bear


Karakter Teddy Bear menjadi terkenal hingga saat ini tak lepas dari peran Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt. Mengapa demikian?

Dahulu, pada tanggal 14 November 1902 Presiden Theodore Roosevelt mengadakan sebuah perjalanan untuk berburu di daerah Onwarg, Mississippi atas undangan Gubernur Mississippi yaitu Andrew H. Longino.

Sebenarnya selain untuk tujuan berburu, Presiden Theodore Roosevelt ke Mississippi juga dalam sebuah misi untuk menyelesaikan persengketaan perbatasan antara Mississippi dan Louisiana.

Perlu diketahui bahwa Presiden Theodore Roosevelt ini dikenal sebagai pemburu besar dan hebat. Dalam acara ini juga diikuti oleh pemburu-pemburu hebat lainnya.

Sepanjang perburuan tersebut, Presiden Roosevelt dalam waktu yang lama tidak juga mendapatkan hewan buruan yang memuaskan. Sedangkan pemburu lainnya sudah mendapatkan hewan buruannya masing-masing.

Melihat gelagat ini, sang tuan rumah yaitu Gubernur Mississippi mendapatkan ide untuk menangkap anak beruang dan kemudian diikatkan pada sebuah pohon. Setelah semuanya selesai, kemudian dipanggillah Presiden Roosevelt untuk menebak hewan buruan yang sudah terikat di pohon tersebut.

Namun ternyata Presiden menolak untuk menembak hewan buruan yang sudah pasrah untuk ditembak. Presiden Roosevelt menolak untuk menembak hewan buruan tersebut karena menurutnya hal itu adalah sikap yang tidak sportif dan merupakan bentuk kekejaman terhadap binatang karena dengan kondisi yang terikat sehingga tidak bisa untuk melindungi dan mempertahankan diri.

Sontak saja berita mengenai penolakan Presiden untuk menembak beruang yang sudah tidak berdaya ini cepat tersebar di penjuru Amerika. Sambutan positif juga ditujukan kepada Sang Presiden atas sikapnya tersebut.

Lahirnya Karakter Teddy Bear


Kejadian itulah yang akhirnya pada tanggal 16 November 1902 harian The Washington memuat gambar karikatur karya dari Clifford Berryman yang menggambarkan kejadian penolakan penembakan Presiden atas hewan beruang.

Dalam karikatur tersebut digambarkan adanya seekor beruang yang sudah diikat dan dipegang oleh seseorang untuk dihadapkan pada Presiden. Namun Presiden digambarkan seolah-olah ingin menghindar dari beruang tersebut.


Kartun karya Clifford Berryman

Adalah Morris Michtom (pemilik toko permen Brooklyn) yang setelah melihat kartun tentang Presiden Teddy Roosevelt tersebut seakan mendapatkan inspirasi untuk mewujudkan beruang dalam bentuk sebuah boneka. Bersama dengan istrinya, dia kemudian membuat sebuah boneka beruang yang kemudian diberi nama Teddy's Bear.

Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan, karena sebelumnya Morris Michtom telah meminta ijin kepada Presiden untuk menggunakan nama Teddy (nama panggilan Presiden Theodore Roosevelt) pada boneka beruang hasil karyanya.

Selain mengirimkan boneka hasil karyanya kepada Presiden Theodore Roosevelt, Morris Michtom juga memasarkan produk boneka ini pada etalasi tokonya. Boneka Teddy bear ini bertubuh gemuk, dengan lengan dan kaki yang panjang.

Dan diluar dugaan ternyata banyak yang suka dengan boneka karakter Teddy Bear dan membeli boneka teddy bear tersebut.

Tak hanya di Amerika saja, di German juga terlanda demam boneka beruang Teddr Bear. Hal ini berkat Margarete Steiff yang juga menciptakan boneka beruang dalam kurun waktu yang sama. Dengan dibantu keponakannya yang bernama Richard, pada tahun 1903 Steiff bahkan mampu menjual 3.000 boneka beruang ke Amerika.

Tidak berhenti disitu saja, karena sampai saat ini penggemar karakter Teddy Bear juga tidak pernah surut. Tidak hanya perempuan saja, laki-laki juga banyak yang menempatkan Teddy Bear sebagai prioritas favorit. Bagaimana dengan koleksi boneka Teddy Bear kamu?