Begini Caranya Merawat dan Membersihkan Boneka

Perlu ga sih boneka dirawat dan dibersihkan? Tentunya sangat perlu dong biar boneka selalu dalam keadaan bersih dan juga tetap menggemaskan. Boneka kotor itu tidak berarti terkena noda atau kotoran yang terlihat mata, namun juga debu yang kadang tidak terlihat oleh mata.

Apa jadinya jika boneka tersebut terdapat debu dan kita memeluknya dan menciumnya, bisa-bisa malah jadi berakibat bersin-bersin lho, apalagi bagi yang mempunyai riwayat alergi debu.

Oleh karena itu meskipun kotoran debu ini tidak terlihat sangat penting kiranya untuk tetap membersihkan boneka-boneka koleksi meskipun itu hanya sekedar mengusap-usap seluruh permukaan boneka saja.

Merawat dan Membersihkan Boneka

Pasti akan terlihat tidak menarik jika mendapati boneka-boneka koleksi dalam keadaan lusuh dan kotor. Meskipun ini jarang terjadi ya, karena biasanya yang punya hobi koleksi (apapun) akan selalu rutin meluangkan waktunya untuk merawat dan membersihkan koleksinya.

Boneka juga perlu dirawat dan dibersihkan juga untuk menjaganya agar tetap dalam keadaan yang fresh sehingga terlihat menarik selalu.


Nah bicara soal koleksi boneka setidaknya (menurut Agbasya) ini terbagi menjadi dua tipe yaitu tipe yang pertama adalah penggemar boneka yang fanatik dengan karakter tertentu, sehingga ia akan mengoleksi boneka karakter kesayangannya dari berbagai ukuran dan pernak-perniknya. Contohnya, penggemar karakter Hellokitty, dia akan mengoleksi beragam ukuran boneka hellokitty berbagai ukuran dan pernak-perniknya.

Untuk tipe yang kedua adalah tipe penggemar boneka yang tidak fanatik terhadap suatu karakter saja. Jadi ia mengoleksi boneka beragam karakter, bermacam-macam ukuran, dan pernak-pernik yang berhubungan dengan boneka.

Contohnya seorang penggemar boneka yang mengoleksi banyak karakter, misalnya boneka doraemon, hellokitty, keropi, teddy bear, beserta pernak-perniknya. Asalkan yang berhubungan dengan boneka, maka akan di buru untuk dikoleksi. Nah kira-kira dari keduanya, kamu termasuk tipe yang mana?

Bagaimana cara merawat dan membersihkan boneka?

Para penggemar boneka pasti pernah berurusan dengan boneka koleksinya yang berdebu atau bahkan kotor. Ketika habis makan coklat, lupa mengelap tangan dengan tisu, tetapi langsung memeluk boneka. Aduh kasian si boneka jadi kotor ya.

Yang berikut adalah tips bagaimana merawat dan membersihkan boneka. Dalam artikel ini saya sempitkan saja ya untuk jenis bonekanya, saya sesuaikan dengan koleksi boneka saya saja, yaitu boneka yang terbuat dari bahan velboa, rasfur, dan dalamnya berisi dakron silikon. Oiya silahkan intip juga cara mudah membungkus kado boneka ya.

Kenapa demikian?

Karena saya suka dengan boneka dengan jenis seperti itu. Nyaman ketika dipeluk, bisa buat bantal, guling, empuk dan menggemaskan. Bukan saya saja, banyak yang menyukai boneka jenis ini.

Sebelumnya, kita kategorikan terlebih dahulu boneka ini kotor yang bagaimana, karna pastinya penangannya akan berbeda pula. Mari kita simak :



  • Jika boneka hanya kotor terkena debu kita bisa membersihkannya menggunakan vacum cleaner / penyedot debu. Kalau dirumah tidak ada vacum cleaner, bisa menggunakan sikat seperti sikat yang digunakan untuk menyemir sepatu, atau gunaan sikat yang sejenis itu yang penting sikat yang berbulu lembut.
  • Jika boneka terkena noda ringan, misal bekas makanan ringan tetapi nodanya menempel erat di tubuh boneka, maka bisa di bersihkan menggunakan lap atau kanebo  yang telah dibasahi air sebelumnya. Usapkan lap atau kanebo secara halus dan searah terhadap noda yang menempel. Ulangi terus menerus sampai noda hilang.
  • Jika Boneka terkena noda yang membandel dan hampir di semua tubuh boneka, silahkan boneka dicuci. Malas cuci sendiri? jangan khawatir sekarang banyak yang menyediakan layanan cuci boneka layaknya laundry pakaian gitu.

Nah bagi kamu yang pengen membersihkan boneka sendiri dengan cara mencucinya, maka caranya adalah sebagai berikut :

  • Jika mencuci bonekanya menggunakan tangan, caranya adalah boneka dilapisi atau dimasukkan ke kantong / sarung kemudian masukkan ke dalam ember cucian. Isi dengan air dan campurkan deterjen secukupnya saja. Kucek-kucek boneka agar debu dan kotoran menjadi bersih. Setelah selesai, bilas bonekanya dengan air hingga bersih. Sembari dibilas, peras boneka tersebut. Joka ukuran bonekanya jumbo atau besar bisa dengan cara ditekan-tekan, kalau kurang kurang kuat bisa diinjak-injak agar air didalam boneka bisa terperas
  • Jika ingin mencuci boneka sendiri menggunakan mesin cuci, sebaiknya boneka dilapisi atau dimasukkan ke kantong, bisa menggunakan sarung. kemudian kantong ke dalam mesin cuci. Atur kecepatan mesin cuci pada kecepatan rendah saja ya. Campurkan deterjen secukupnya dan tunggulah hingga proses pencucian selesai. Hindari penggunaan softener ya biar warna boneka tidak pudar.

Mengeringkan boneka setelah di cuci

Tahap selanjutnya jika boneka di cuci adalah mengeringkannya dengan cara menjemur. Akan tetapi jangan menjemur boneka di bawah matahari langsung ya, biar warna tidak pudar. Yang penting boneka kena udara panas dan angin. Baca juga Koleksi Boneka Bear.

Setelah boneka kering, kemudian sisirlah bulu boneka menggunakan sisir yang bergigi jarang atau sikat semir yang berbulu halus. Selanjutnya boneka siap kembali menemani hari-hari kita. Jika ingin ngorbolin soal koleksi boneka silahkan hubungi Agbasya melalui Whatsapp 089677093399 ya.

Demikian ulasan mengenai cara merawat dan membersihkan boneka. Agar koleksi boneka kita tetap terjaga kebersihannya. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar